SEKITAR ARENA HEWAN PENYEDIAN DOD DAN BEBEK DEWASA

Sekilas Tentang Bebek Jenis Bebek untuk Keperluan Budidaya Peternakan

Selain ayam, bebek juga laris manis di pasaran. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis yang ingin melebarkan usaha mereka di bidang peternakan. Apalagi ada banyak lokasi jual bibit bebek (DOD) petelur yang bisa diajak bermitra. Selain jenis yang petelur, ada pula tempat jual bibit bebek (DOD) pedaging yang sama banyaknya.

Sebagai pelaku dalam dunia peternakan, anda harus tahu jika bibit atau DOD bebek dengan usia 1 sampai 2 minggu adalah masa krisis karena rawan dengan kematian. Bibit DOD bebek sendiri bisa divaksin setelah berumur 3 hari agar terhindar dari penyakit.
Cara Penanganan DOD Bebek yang Berasal dari Suplier

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penanganan bibit DOD bebek yang didatangkan dari suplier, seperti yang berikut ini:

Jika tujuan pengiriman DOD adalah wilayah yang membutuhkan waktu yang lama, maka ada baiknya untuk ditambahkan kecambah sebagai ganti minum bebekDOD yang dikirim adalah anakan yang baru menetas sehingga bisa bertahan hingga 3 hari tanpa harus memberinya makan ataupun minum. Anakan bebek dengan usia tersebut masih memiliki cadangan makan serta minuman dalam tubuhnya Pihak kargo bisa menyiramkan air saat DOD dimasukkan ke dalam pesawat. Hal ini dilakukan utuk menghindari hawa panasJangan mengirimkan DOD terlalu lama dari jadwal pesawat berangkat Pembeli sebaiknya segera menunggu di kargo bandara agar begitu DOD sampai, bibit bebek bisa segera di bawa ke kandangDOD yang sudah sampai di tujuan segera dikeluarkan dari tempat boks selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, berikan larutan gula jawa yang telah dicampur dengan air hangat agar stamina DOD bebek kembali pulih

Selain membeli DOD bebek di tempat jual bibit bebek (DOD) petelur, anda juga bisa membeli lokasi jual bebek siap bertelur. Membeli bebek siap bertelur tentunya cukup menguntungkan namun dengan modal yang lebih besar.

Jenis Bebek untuk Budidaya

Ada beberapa jenis bebek yang siap anda budidayakan. Bagi yang tertarik jual daging bebek, anda bisa membudidayakan bebek untuk dijual belikan dagingnya. Ada pula bebek petelur dengan produktivitas telur yang cukup tinggi.

Berikut ini ada beragam jenis bebek untuk keperluan budidaya yang perlu anda tahu.

Bebek peking

DOD bebek peking merupakan jenis bebek pedaging untuk diternak. Bebek ini berasal ini berasal dari provinsi Peking, China. Bebek peking adalah bebek pedaging yang cukup banyak digemari di Australia hingga di Indonesia. Bebek Peking hampir mirip seperti Entok dengan bobotnya yang besar. Ada beberapa ciri-ciri bebek peking yang harus anda tahu yaitu:

Paruh serta kakinya memiliki warna orange Memiliki ekor dan sayap yang pendek Postur tubuhnya besar Memiliki bulu dengan warna putih Dadanya membusung dan besar Memiliki telur yag bewarna putih kotor dan bentuk bulat

DOD Bebek Mojosari

Selanjutnya, anda juga bisa membudidayakan DOD bebek Mojosari untuk jenis bebek pedaging sekaligus petelur. Bebek Mojosari juga dikenal dengan sebutan bebek Mojokerto lantaran banyak diternak di daerah Modopuro, Mojosari, Mojokerja, Jatim.

Bebek ini cukup menguntungkan untuk diternak karena lebih mudah dipasarkan. Selain jual daging bebek Bebek Mojosari, anda juga bisa memanfaatkan telurnya. Produksi telur dari bebek ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan dalam setahun bebek Mojosari bisa menghasilkan 250 sampai 300 butir. Tertarik membudidayakan bebek Mojosari, anda harus tahu ciri-cirinya terlebih dulu:

Tidak memiliki sifat mengerami telurnya sendiriBerat rata-rata telur yang dihasilkan adalah 65 sampai dengan 70 gramBebek ini mulai bertelur pada usia 5-6 bulan Masa produksinya adalah 2-3 tahun Mampu menghasilkan telur sebanyak 250 sampai dengan 300 per tahunnya 

DOD Bebek Hibrida

DOD bebek Hibrida adalah jenis bebek yang didapatkan dari hasil persilangan antara itik peking dan itik Mojosaro. Bebek ini memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

Rasa daging yang lebih lembut dan gurihMemiliki waktu pertumbuhan yang cepatLebih hemat dari segi biayaMemiliki daya tahan yang lebih bagus

Sedangkan cirinya, bebek Hibrida memiliki beberapa ciri yang berikut ini:

Memiliki tubuh yang terlihat seperti botol Bentuk tubuhnya relatif kecil DOD bebek hibrida bewarna hitam dan coklat kehitaman saat telah dewasaKetika berjalan, bebek ini bisa tegak hingga 45 derajat Paruh serta kakinya memiliki warna hitam

DOD bebek unggul ini biasanya dipelihara dengan sistem kering untuk mengurangi resiko kematian.
Bebek Tegal

Ada juga bebek yang berasal dari Tegal atau Brebes yang siap untuk dibudidayakan. Bebek tegal memiliki tingkat produksi telur yang baik. Dalam satu tahunnya, bebek ini mampu menghasilkan rata-rata 200 sampai dengan 250 telur dengan berat rata-rata adalah 70 sampai dengan 75 gram tiap telurnya.

Bebek Tegal juga mudah untuk diternakan. Ditambah lagi, jenis bebek ini lebih tahan terhadap dengan jenis penyakit. Berikut ini adalah ciri-ciri dari bebek Tegal:

Memiliki telur dengan warna putih kehijauan Memiliki paruh serta kaki yang bewarna hitam agak putihTubuh bebek tegal kecil dan tegak Warna bulunya adalah kombinasi dari hitam, coklat, kuning, putih dan abu-abu Memiliki bulu ekor yang mencuat ke atas 
Bebek Alabio

Selanjutnya adalah juga jenis bebek Alabio. Habitat asli dari bebek ini ada di kalimantan. Bebek ini bisa dibudidayakan sebagai bebek petelur serta jenis bebek pedaging. DOD bebek unggul ini memiliki beberapa ciri-cirinya seperti yang berikut ini:

Memiliki bulu dengan warna coklat dengan bintik putih di seluruh badannya Paruh dan kakinya bewarna bewarna kuning terangProduksi telur bebek Alabio mencapai 220 sampai 250 butir per tahun Bebek Alabio yang betina memiliki bobot sekitar 1,6 kg di usia 6 bulan Sedangkan yang pejantan memiliki bobot sekitar 1,5 kg di usia 6 bulanBulu dari bebek ini cenderung bewarna gelapTerdapat garis putih yang terdapat di sekitar mata

Bagi anda yang ingin terjun dalam dunia peternakan bebek tentu harus tahu jenis bebek apa yang hendak dipelihara. Selain itu, analisa juga prospek kedepannya. Apakah mampu menghasilkan dengan baik ataupun tidak.

Jika anda beternak bebek petelur namun sudah tidak bisa memproduksi telur lagi, anda bisa menjadikannya sebagai bebek afkir. Tempat jual bebek afkir sendiri lebih terbatas dibandingkan mereka yang menjual telur bebek. Hal ini dikarenakan, para suplier tidak berani dalam menjamin keberlangsungan penyediaan bahan baku jenis bebek tersebut. Produksi bebek afkir juga lebih lama sehingga lokasi jual bebek afkir jarang ada.
BERIKUT HARGA DOD DAN LAIN LAIN NYA. 
DOD (Anak bebek) Mojosari betina : 3500/ekor
DOD (anak Bebek) Mojosari Jantan : 3000/ekor
DOD (anak Bebek) Peking super : 7500/ekor
DOD (anak Bebek) Hibrida (peking X jawa) : 3500/ekor
DOD (anak Bebek) Cambel Betina : 3700/ekor
DOD (anak Bebek) Cambel Jantan : 3500/ekor
DOD (anak Bebek) Jenis Semarang jantan : 3000/ekor
DOD (anak Bebek) Jenis Semarang Betina : 4000/ekor
DOD (anak Bebek) Jenis Alabio Betina : 6500/ekor
DOD (anak Bebek) Jenis Alabio Jantan : 4500/ekor
DOD (anak Bebek) Rambon Betina : 6000/ekor
DOD (anak Bebek) Rambon Jantan : 3500/ekor
DOD (Anak Entok)Super : 4000/ekor
DOD (Anak Entok) Mata Merah : 4500/ekor 
DOD (Anak Entok) Rambon Silver  : 4000/ekor 
DOD (Anak Entok) Rambon Coklat : 4000/ekor 
DOD (Anak Entok) Klawu : 4000/ekor

Postingan Populer